A.
PENDAHULUAN
Dunia kini sudah semakin tanpa batas, teknologi telah berhasil
menghilangkan jarak. Pertukaran budaya baik yang positif maupun negatif kini
menjadi sukar terawasi dan tanpa filter.
Filter tersebut diharapkan dapat ditumbuhkan sejak dini dalam
setiap diri manusia Indonesia agar budayanya tidak tergerus oleh budaya lain
yang lebih agresif melakukan penetrasi. Oleh karena itu, sebagai pendidik, kita
dipaksa untuk berpikir kembali mengenai makna dan tujuan pendidikan kita.
B.
NILAI GURU PENGGERAK
Kekuatan saya sebagai calon guru penggerak yang saya ketahui dan
saya miliki setelah mempelajari modul ini insya Allah saya akan selalu
berkomitmen yang tinggi dalam mewujudkan pembelajaran dengan menjalankan
nilai-nilai, di antaranya :
1.
Mandiri : dimana
seorang guru harus mampu berdiri sendiri dalam melakukan berbagai kegiatan.
Dengan mandiri maka seorang guru akan mampu bertanggungjawab terhadap hal-hal
atau keputusan yang telah diambil
2.
Reflektif : Seorang guru
akan terbuka dengan segala bentuk perubahan, dimana dia harus mampu menerima
hal-hal yang baru. Melalui reflektif ini juga seorang guru akan mampu
mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ada di sekitar
3.
Kolaboratif : dimana
seorang guru akan mampu bekerja sama dengan teman-teman sejawatnya guna
menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dengan berkolaboratif ini juga
seorang guru akan mampu mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dalam proses
belajar mengajar
4.
Inovatif : Sebuah cara
untuk mendapatkan solusi-solusi atau hal-hal baru dan ide-ide kreatif dalam
rangka menyelesaikan tugas pembelajarannya
5.
Pembelajaran yang terpusat pada murid. Dalam hal ini seorang guru akan memberikan kesempatan kepada
siswa dengan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitasnya
C.
PERAN GURU PENGGERAK
Dampak positif bagi murid jika peran sebagai guru penggerak
dapat dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.
Murid mendapat pengalaman belajar bermakna yang berpusat pada
murid
2.
Murid mengalami merdeka belajar
3.
Murid dapat belajar dengan bahagia dalam lingkungan yang nyaman
dan mendukung
4.
Murid dapat mengembangkan bakat dan minatnya
5.
Terbentuk profil pelajar Pancasila pada murid ( beriman,
berahlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis
dan mandiri )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar