A.
jawaban 3 pertanyaan ( Refleksi Pemahaman pembelajaran berdiferensiasi )
1.
Saya
dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif dengan cara Memetakan Kebutuhan Belajar
murid berdasarkan ; Kesiapan belajar murid, Minat murid dan Profil belajar murid. Serta dengan
menggunakan Strategi
berupa konten, proses dan produk
2.
Dalam
pembelajaran berdiferensiasi pendekatan yang digunakan adalah saintific aproach
yang dapat mengakomodir semua kebutuhan siswa secara holistik
3.
Dengan
melalui pemahaman pembelajaran berdiferensiasi, serta diskusi rekan sejawat,
dukungan kepala sekolah dan komite, maka saya insya Allah akan bersikap positif
bahwa pembelajaran berdiferensiasi akan berhasil saya terapkan di kelas.
B. Jawaban 4 pertanyaan ( Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi )
1.
Bahwa
yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi usaha untuk menyesuaikan
proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap
murid. Namun demikian, pembelajaran berdiferensiasi bukanlah berarti bahwa
guru harus mengajar dengan berbagai cara sesuai jumlah murid. Bukan pula
berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk murid yang lebih cepat
bekerja dibandingkan yang lain. Pembelajaran berdiferensiasi juga bukan berarti
guru harus mengelompokkan yang pintar dengan yang pintar dan yang kurang dengan
yang kurang. Bukan pula memberikan tugas yang berbeda untuk setiap anak
2.
Bagi
saya merasa kesulitan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi jika dalam
kelas tersebut ada salah seorang atau lebih Anak Berkebutuhan Khusus (
ABK ). Misalkan keterbatasan dalam pendengaran. Guru bukanlah seorang malaikat
yang harus kesana kemari menyentuh, membuat teks tulisan, memajangkan gambar
materi.
3.
Saya
pernah mencoba menerapkannya dengan pelayanan khusus memprivat ke rumahnya,
berkonsultasi dengan orang tuanya, dan menghimbau kepada pihak orang tua,
kepala sekolah, dan komite untuk dibelikan alat bantu pendengaran
4.
Saya
akan coba lakukan jika kebutuhan anak melalui pembelajaran berdiferensiasi
tidak terakomodir, maka saya akan mencoba menerapkan pembelajaran sesuai bakat
dan potensi yang dimiliki anak, mislakan melakukan pengayaan bagi anak yang
berkompetensi di atas rata-rata, dan remedial bagi anak yang memiliki kemampuan
di bawah rata-rata dengan cara belajar di rumah guru atau guru yang datang ke
rumah murid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar