Filosofis Pendidikan Menurut Kihajar Dewatara, antara lain :
1.
Pendidikan itu menuntun
Menuntun artinya
memberikan arah, membimbing segala kukatan kodrat yang dimiliki peserta didik
agar mereka dalam pertumbuhan dan perkembangannya mencapai keselamatan dan
kebahagiaan lahir batin, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota
masyarakat.
2.
Filosofis bertani.
Pendidik ibarat petani,
dan benih-benih adalah peserta didik yang mempunyai karakter, latar belakang,
kemampuan, kodrat yang berbeda.
3.
Pendidikan itu untuk
menumbuhkembangkan Budi pekerti.
Penumbuhan budi pekerti
adalah hal mutlak dalam pendidikan. Bersatunya budi (kekuatan pikiran, halusnya
perasaan dan kuatnya kehendak/kemauan)
sehingga menjadi Pekerti (tenaga/kekuatan).
4.
Pendidikan dengan filosofi
Bermain.
Bermain yang bermakna
merupakan aktivitas terpadu yang ada pada setiap tumbuh kembang anak. Bermain melatih kreatif, kebersamaan, keseimbangan
motorik, keseimbangan emosional,
5.
Pendidikan berorientasi
pada anak/ peserta didik.
Ini maknanya bahwa dalam pendidikan,
seorang pendidik harus menyesuaikan pembelajaran, cara memberikan pelajaran,
metoda dan memperlakukan peserta didik sesuai dengan profil peserta didiknya yang
telah didiagnosis sejak awal.
Mungkin itu beberapa point filosofis pendidikan Kihajar Dewantara yang bisa saya sampaikan. Jika ingin memahami lebih dalam lagi silahkan cari beberapa referensi lain di situs-situs atau laman pendididkan " Guru Penggerak "
A. Dulu sebelum saya mempelajari modul 1.1. Pendidikan Calon Guru Penggerak, saya beranggapan bahwa pembelajaran yang saya lakukan seolah - olah sudah sempurna baik dalam metode, pendekatan, dll, dan ternyata setelah saya mempelajari modul filosofis pendidikan Kihajar Dewantara, ternyata jauh dari kesempurnaan
B. Setelah saya mempelajari dan memahami modul 1.1. pendidikan calon guru penggerak tentang filosofis pendidikan Kihajar Dewntara, pemahamaman saya mulai berkembang baik dalam hal pemikiran atau perilaku. Saya ingin mengimplementasikan pemahaman tersebut dalam proses kegiatan belajar mengajar sehari-hari
C. Bentuk-bentuk implementasi yang saya akan terapkan di kelas atau sekolah, saya ingin menerapkan filosofis pendidikan Kihajar Dewantara tersebut dalam metode serta pendekatan dalam proses kegiatan belajar mengajar, berupa menuntun, berorietasi pada murid, pembelajaran yang menyenangkan, dll
Demikianlah refleksi yang saya pahami setelah mempelajari modul 1.1. tentang filosofis pendidikan Kihajar Dewantara dalam kegiatan pendidikan Calon Guru Penggerak angkatan pertama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar